Cara Membuat Nomor Halaman Angka dan Romawi di Microsoft Word

Microsoft Word merupakan salah satu software pengolah kata yang paling populer dan sering digunakan di dunia. Dalam menghasilkan suatu dokumen yang profesional, penyusunan format dan layout yang baik berperan sangat penting. Salah satu bagian penting dari layout dokumen adalah page number atau nomor halaman yang berfungsi memberikan kejelasan pada pembaca tentang urutan halaman dan struktur dokumen. Selain itu, nomor halaman juga memudahkan dalam pengaturan refrensi dan pengutipan dokumen. Serta, nomor halaman yang teratur akan membuat suatu dokumen terlihat lebih profesional dan mudah dipahami oleh pembaca, terlebih pada dokumen seperti buku, proposal, skripsi dan lain sebagainya. 

Microsoft Word sendiri menyediakan berbagai pilihan format nomor halaman yang dapat dipilih dan disesuaikan dengan kebutuhan dokumen. Nah dalam tutorial ini, saya akan membahas cara membuat nomor halaman dengan format angka dan romawi dalam satu dokumen menggunakan Microsoft Word. Format nomor halaman ini sangat berguna untuk dokumen yang terdiri dari beberapa bagian dengan format halaman yang berbeda, seperti skripsi, proposal, buku atau laporan.

Nomor Halaman Word
Nomor halaman yang ada di dokumen Word

Dalam tutorial ini, saya akan membahas langkah-langkah detal mulai dari cara menambahkan nomor halaman. memformat nomor halaman, mengubah format nomor halaman dari angka ke romawi atau sebaliknya, dan juga mengatur penomoran halaman didokumen yang terdiri dari beberapa bagian dengan format nomor halaman yang berbeda. Simak baik-baik tutorial ini agar kalian dapat memahami cara membuat nomor halaman dengan format angka dan romawi menggunakan Microsoft Word dengan mudah dan cepat.

Tutorial Membuat Nomor Halaman dengan Format Angka dan Romawi dalam Satu Dokumen Microsoft Word

Pertama buka dokumen word yang mau kalian beri nomor halaman, lalu klik insert, pada bagian header and footer pilih page number, dan pilih lokasi nomor halaman yang kalian inginkan disini saya memilih bottom of pagedengan format plain number two

Dan bisa kalian cek, sekarang seluruh lembar dokumen kini memiliki nomor halaman.

Tapi, bukan nomor halaman seperti ini yang kita inginkan, karena masih terdapat beberapa kesalahan, seperti pada halaman cover yang seharusnya tidak ada nomor halaman, dan halaman sebelum bab satu yang seharusnya memakai nomor halaman romawi. Oke sekarang kita akan perbaiki satu persatu.

Cara Menghilangkan Nomor Halaman pada Cover

Untuk menghilangkan nomor halaman pada cover, arahkan kursor ke nomor halaman yang ada di cover, lalu klik dua kali nomor halaman tersebut, 

Dan pada bagian options, centang bagian different first page. Dan nomor halaman pada cover otomatis hilang.

Cara Mengganti Nomor Halaman Menjadi Format Romawi

Kemudian untuk mengganti nomor halaman menjadi nomor romawi, kalian bisa tutup terlebih dahulu header and footer, dan arahkan cursor ke huruf terakhir halaman cover

Lalu klik layout, pilih breaks, dan klik continuous.

Selanjutnya ulangi langkah ini, namun kali ini arahkan cursor ke huruf terakhir sebelum bab satu

Jika sudah, klik 2 kali pada nomor halaman diatas bab 1 dan blok nomor tersebut. kemudian klik kanan dan pilih format page numbers.

Pada number format pilih format romawi dan klik ok.

Dan kalian bisa cek sendiri nomor halaman sebelum bab 1 sekarang sudah berubah menjadi format romawi. Namun masih terdapat beberapa detail yang kurang sesuai, yakni nomor halaman bab 1 dimulai dari angka dua, untuk mengubahnya bisa kalian simak lebih lanjut.

Cara Agar Nomor Halaman Bab Satu dimulai dari Angka Satu

Agar nomor halaman bab 1 dimulai dari nomor 1, kalian bisa klik 2 kali pada nomor halaman tersebut dan blok nomor tersebut. Kemudian klik kanan dan pilih format page numbers.

Pada start at ganti value 1 menjadi 0, dan klik ok.

Jika dirasa masih bingung kalian bisa melihat video tutorialnya dibawah.

Oke itu dia tutorial membuat nomor halaman dengan format berbeda di Microsoft Word, semoga tutorial ini dapat bermanfaat bagi kalian, jangan lupa share artikel ini jika bermanfaat dan jangan ragu untuk komen jika dirasa masih bingung, kita jumpa lagi di artikel selanjutnya.

Jangan lupa untuk share:
Thoriq Al Isbach

Kurangi gaya perbanyak karya 🥶

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama