Cara Mengganti DNS Windows untuk Membuka Situs yang di Blokir

Browsing adalah aktifitas menjelajah dunia internet yang bertujuan untuk mencari informasi yang di butuhkan. Saat ini browsing atau berselancar di dunia maya merupakan hal yang lumrah dilakukan oleh semua orang, jika ingin mencari sebuah informasi maka hal yang terpikiran selalu internet, karena banyak orang menganggap bahwa internet merupakan sumber informasi.

Hal tersebut memang tidak dapat dipungkiri, perkembangan teknologi menjadi alasan dibalik hal tersebut. Meskipun demikian terdapat batasan batasan dalam mencari informasi di internet, salah satunya adalah situs yang tidak dapat diakses karena di blokir oleh pemerintah. 

Terdapat berbagai alasan mengapa sebuah situs dapat di blokir oleh pemerintah, namun kebanyakan karena melanggar aturan yang sudah ditetapkan oleh pemerintah itu sendiri. Namun tidak menutup kemungkinan situs bermanfaat seperti Reddit juga ikut di blokir oleh pemerintah karena suatu alasan. 

Di blokirnya sebuah situs bukan berarti situs tersebut tidak dapat di akses sama sekali, melainkan memblokir pengguna internet untuk mengakses situs tersebut, situs tersebut masih dapat diakses oleh orang lain diluar negara yang melakukan pemblokiran. Hal tersebut berarti orang Indonesia masih dapat mengakses situs tersebut dengan manyamarkan lokasi mereka. 

DNS 1.1.1.1 di Windows
Ilustrasi DNS 1.1.1.1

Namun selain menggunakan VPN terdapat cara lain bagi kalian yang ingin mengakses situs yang diblokir oleh pemerintah, yakni dengan mengganti DNS komputer atau laptop kalian. Dalam artikel ini akan dibahas secara spesifik bagaimana cara mengakses situs yang di blokir internet positif tanpa menggunakan VPN, yakni dengan merubah DNS windows agar kalian dapat menjelajah internet dengan bebas. Dan berikut adalah tutorialnya.

Cara Setting DNS untuk Mengakses Situs yang di Blokir.

DNS yang akan kita pakai kali ini adalah DNS 1.1.1.1 dari Cloudflare, selain dapat digunakan untuk membuka situs yang di blokir, DNS 1.1.1.1 di klaim mampu membuat internet menjadi lebih cepat. 

Pertama tama pastikan laptop atau komputer kalian sudah tehubung dengan internet. Kemudian buka Control Panel.


Lalu klik Network and Internet dan pilih Network and Sharing Center.


Lalu klik Change Adapter Setting.


Kemudian klik kanan pada jaringan yang sudah tersambung dan klik properties.


Kemudian double klik pada Internet Protocol Version 4 (TCP/IPv4).

Lalu klik Use the following DNS server addresses.

Kemudian pada Preferred DNS server isikan 1.1.1.1
Dan pada Alternate DNS server isikan 1.0.0.1

Lalu klik OK.

Kemudian rubah juga DNS pada Internet Protocol Version 6 (TCP/IPv6) dengan double klik.

Lalu klik Use the following DNS server addresses.

Kemudian pada Preferred DNS server isikan 2606:4700:4700::1111
Dan pada Alternate DNS server isikan 2606:4700:4700::1001

Setelah itu klik OK.

Dan selesai kalian bisa menutup Control Panel dan restart browser yang kalian gunakan, lalu kalian bisa membuka lagi browser tersebut dan kalian bisa membuka semua situs yang sebelumnya di blokir oleh pemerintah. 

Jika kalian bertanya apakah setiap kali menghidupkan komputer harus setting ulang, jawabannya adalah tidak. Kalian hanya perlu melakukan setting sekali saja, untuk setiap jaringan wifi yang kalian sambung, jadi jika kalian tersambung dengan wifi baru maka kalian harus melakukan setting ulang. Terima kasih semoga bermanfaat.
Jangan lupa untuk share:
Thoriq Al Isbach

Kurangi gaya perbanyak karya 🥶

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama